Membuat Paspor via Aplikasi “Antrian Paspor”

Membuat Paspor via Aplikasi -Antrian Paspor-

Ada yang sudah pernah bikin paspor langsung datang ke kantor imigrasi gak? Gimana rasa ngantrinya yang panjaaaang banget sampai tumpah keluar kantor..? Gak, gak bercanda ini.. Ini foto antrian di salah satu kantor Imigrasi Jakarta Pusat (Maret 2017). Padahal kami sudah sampai jam setengah 7, teteup aja antriannya panjang. Sebelumnya saya tanya apa kami bisa mendapatkan antrian prioritas karena bawa anak usia 2 tahun, petugas disana bilang kalau antrian prioritas hanya untuk BAYI, kalau mau ibu cari kantor imigrasi lain aja, ngomong tanpa liat muka saya, seruput kopi. Duh Pak… Padahal kalau cek di webnya, tertulis untuk BALITA, mungkin bapaknya gak ngerti definisi BALITA kali ya.. mungkin juga gak ngerti kalau anak usia 2 tahun itu masuknya malah batita. Antrian panjang sampai keluar kantor, berdiri, puanasss banget.. yasudahlah.. udah ilfeel dengan kantor imigrasi yang itu, babay ajaa.. *Pas keluar dari kantor imigrasinya, et daaah.. keliatan banget muka-muka calonya, banyak? Banget!

WhatsApp Image 2017-10-17 at 10.06.47
foto sesekantor imigrasi di Jakpus, antri berdiri lebih dari dari 2 jam.. itu sampai ke belakang gedung loh antriannya.. (maret 2017)

udah ah ~~positive vibes : mode on~~

Kabar baiknyaaa, sekarang sudah lumayan keren nih kantor Imigrasi. Udah gak jaman ah ngantri-ngantri, banyak waktu, tenaga, emosi yang terbuang kalau ngantri-ngantri gitu.. bikin makin subur calo dan pegawai imigrasi yang nakal juga jadinya :p

Jadii, sekarang mau bikin paspor sudah asik nih. Download aplikasi “Antrian Paspor”  di Google Play atau yang pake iOS menyesuaikan (gak pernah pake iOS kakaak :p) Btw, kita clearkan dulu ya diawal, bikin paspor via aplikasi ini bukan berarti kita urus “paspor online” ya, itu beda lagi.. kemarin kami bikin “paspor biasa” kok 🙂 Sudah di download kak aplikasi “Antrian Paspor” nya? Naah.. silahkan isi data-data yang diminta (KK, KTP, email aktif, alamat tinggal). Lalu login, dan pilih kantor imigrasinya. Nah ini bebas ya, gak harus berdasarkan domisili KTP. Jadi KTP saya Jaksel, tapi kemarin saya pilih Imigrasi Jakarta Barat. Sesuaiin aja dengan kondisi dan tanggal dan jam yang pas dengan kita. Untuk jaga-jaga, “booking” tanggal antrian paling enggak 3 minggu sebelum kita berencana untuk mengurus paspor ke kantor imigrasi. Karena kalau udah H-7 baru isi aplikasi rata-rata sudah penuh tanggal antrian paspor via aplikasinya. Cari yang kuota masih ada, dan hari yang kamu bisa datang ya. Isi data-datanya, jadi untuk 1 aplikasi bisa untuk 5 orang pendaftar, waktu kemarin saya 3 pendaftar (saya, amaya, dan acha)

WhatsApp Image 2017-10-17 at 10.08.33

WhatsApp Image 2017-10-17 at 10.08.33 (1)

~~lalu lanjutkan hidup seperti biasa #apasih~~

Sudah tanggal janjian sama kantor Imigrasi? Datang paling enggak 30 menit sebelum jadwal ya, JANGAN TELAT! apalagi TELAT 1 JAM, JANGAN PERNAH. Kenapa? Karena kita hanya dikasih waktu 1 jam untuk mengurus perintilan-perintilan lanjutannya. Kemarin kami datang 1 jam lebih sebelum waktu janjian, jadinya agak BT sih, wkwkwk.. 30 menit cukup lah.. Yang saya ceritain disini, kantor Imigrasi Jakarta barat ya.

WhatsApp Image 2017-10-17 at 10.08.32
Kantor Imigrasi Jakarta Barat, deket banget sama “Kota Tua”

Untuk pilihan waktu kunjungan itu ada 2 macam, pagi dan siang.. kemarin kami memilih yang pagi, jam 10.00-11.00. Jadi pas jam 10 teng banget, satpamnya mempersilahkan kami untuk masuk “antrian online”

WhatsApp Image 2017-10-17 at 10.08.33 (2)
jalur antrian khusus online

Nanti sama petugas diminta berkas-berkasnya, dikasih map , form yang harus diisi, dan disuruh “beli” ada form khusus buat pengajuan paspor untuk anak. Nah ini minusnya, kenapa gak sekalian aja from yang buat anak itu disediain di aplikasi, jadi bisa kita download dan print sendiri kan.. jadi bikin kerjaan aja sih harus beli dulu ke luar, abang fotokopian.. Terus form yang disuruh diisii itu banyaaak banget isiannya, juga kenapa gak disedian di aplikasi aja ya :p Soalnya lumayan ribet ngisi-ngisi sambil liatin anak kicik dalam keadaan yang aman gak, hahaha..

Setelah berkas sudah diisi, nanti ada petugas yang nyamperin untuk ambil berkasnya. Dan gak lama dari itu kita di panggil keruangan buat di foto, ambil sidik jari dan tanda-tangan. Bocah-bocah dikasih permen biar anteng mau di foto.. Udah deh selesai.. Untuk pembayaran dilakukan via ATM (355.000 untuk paspor biasa), masuk ke menu yang “penerimaan negara” gugling aja deh, soalnya di tiap ATM beda-beda dimana menu itu berada 😀 Pada form resi tertulis 3 hari setelah pembayaran, kita bisa dateng lagi buat ambil paspor, tapi kata petugasnya 5 hari kerja aja biar aman.

Membuat Paspor via Aplikasi -Antrian Paspor- (1)Ambil paspor tinggal bawa struk atm + resi paspornya aja. Bisa diambilin orang lain? Bisa. Gampang kaaan? Alhamdulillah.. sudah mudah gini, saya masih heran sih disitu juga masih ada calo-calonya. Gak perlu tanya “kamu calo ya?” lah ya, kita sudah sama-sama tau mana yang calo, mana yang bukan 🙂 Mudah-mudahan setelah sistemnya lumayan mudah seperti ini, calo-calo dan pegawai imigrasi yang nakal bisa berkurang ya, aamiin..

Review kantor Imigrasi Jakbar : Bersih, gak ada yang berani ngerokok di dalam. Ada TV guede yang lagi nge-play binatang-binatang, bikin anak-anak bisa diam ‘sejenak’, satpam dan petugas yang helpfull, top deh 🙂

Author: Icha

Fulltime Mom | Parttimeworker | Istri @panjinursetia | Bunda AmayaArsa | Addicted to : Book, Good Movie, Park, and Design :)

7 thoughts on “Membuat Paspor via Aplikasi “Antrian Paspor””

  1. Thanks for reviewnya mbak. Tgl 15 nanti rencana mau bikin paspor disana padahal sy ktp jaksel gr2 kuota penuh 🤣 jadi di sana helpful kan ya mba. Btw itu form anak kita beli di fotokopian ya? Bulan di kasih dr si satpam dan terus fotokopi?. Oh iya mba mau tanya lagi di kamin jakbar antriannya parah bgt ga mba utk yg online? Tks before

    1. insyaallah helfull mbak firdha 🙂 yang form anak itu beli di abang fotokopian, harganya lupa 😀 kalau untuk yang online gak kok mba.. waktu kami, dalam 1 jam itu ada sekitar 10 org yg ngajuin, itu dibuka 3 loket.. Hope it Help 🙂

Leave a comment

Small Talks About Love and Life with PloveA

There's Laugh... There's Joy... There's Love... There's Life...

Diary Hujan ™

karena hujan senantiasa mengajarkanku tentang arti cinta dan kehidupan...

PM

Bacalah dan Menulislah

leniaini blog

here's more to remember

nazh al itsnaen

seorang pembelajar kehidupan dan perekam momen-momen yang ada di dalamnya

Verba volant, scripta manent

Spoken words fly away, written words remain...

Arsitekata

menarik garis, membuat batas, meréka makna

Sakura Merah

share something with love...

Selembar Kertas Kehidupan

Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain

Travelover Travelogue

Just a little story of my little adventure...

uus

Just a goofy-random-(probably)-gonna-be-cheesy-diary

catatan mama nisa

Jadi Ibu di Jepang.

Cerita dari Seberang

Ketika hidupku hidupmu seiring sejalan

A Modern Indonesia Fairy Tale

Sofia Dewi Passion Diary

Nonikhairani

Once You Make a Decision, The universe Conspires To Make It Happen

Dewi Nur Aisyah

Sejernih cita, Sebening asa, Merajut cerita