Amaya & Fisika

#GerakSemu

Dimobil, perjalanan dari Tangerang ke Jakarta. Amaya duduk di depan, Abeh nyetir mobil, Bunda dan Arsa di belakang.

Amaya : Abeh, jangan ngebut-ngebut dong bawa mobilnya.

Bunda : Kenapa Kak?

Amaya : Itu kasian pohonnya jadi lari-lari ngejar mobil kita.

Abeh : Oh enggak.. itu pohonnya diam aja kok, kita yang bergerak.

Amaya : Kok kayak pohonnya bergerak Beh?

Bunda : (alhamdulillah tanya-nya ke Abeh) *dalam hati

Abeh : Yang bergerak itu kita, pohonnya mah diam aja.. Itu namanya gerak semu kak. Keliatannya bergerak ya? Kayak lari-lari gitu..

Amaya : Ternyata pohonnya diam aja?

Abeh : Iyaaaa… betuuulll..

 

#Orbitbulan

Suatu pagi, ada anak yang penasaran masih lihat bulan.

Amaya : Abeh, kenapa kok pagi-pagi masih ada bulan? Kan udah ada matahari..

Abeh : Oh itu karena lintasan orbitnya berbentuk elips, bla bla bla bla (sungguh bunda lupa abeh ngejelasin apa, haha maafkan) hukum kepler itu loh. Ya kan Bun? Masih inget gak?

Amaya : Oh ngerti.. aku ngerti..

Bunda : @.@

Dulu banget, si Bunda bertanya-tanya kenapa harus belajar Fisika. Ternyata ini jawabannya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s