Melahirkan itu sakit gak?

“Aku tuh udah gak kuat banget mbak.. nahan mules udah lebih dari 24 jam, aku yang minta ke Dokternya buat Operasi Secar aja.. aku yang gak mau normal.. aku yang udah gak kuat nahan rasa sakitnya, bukan suamiku kok yang kurang menguatkan aku”

Saya hanya senyum saja mendengarkan cerita heroiknya saat melahirkan anak pertamanya sekitar 9 minggu yang lalu. Tidak ada kisah proses melahirkan yang tidak heroik, semua hebat! Apapun jalannya, setidaknya begitu menurut saya. Jawaban teman saya itu menanggapi pernyataan dari teman lainnya yang mengira sang suami-nya lah yang meminta untuk melahirkan lewat jalan operasi, bukan spontan pervaginam.

“Sakit banget kan ya mbak mules-mules itu? pas di cek ternyata baru bukaan 1, 24 jam lebih loh mbak aku udah nahan mulesnya ini, ternyata baru 1, baru 1 mbak..”

Saya agak susah menanggapi pertanyaan (dan pernyataan) dia kali ini. Saya tidak pernah pergi ke Dokter atau bidan, dan diberitahukan “ini sudah bukaan satu ibu”. Saat proses melahirkan Amaya, begitu sampai di RSI Cempaka Putih cek bukaan sudah bukaan 4. Jadi, saya gak ngerti -gimana-rasanya-bukaan-satu itu. Setelah bukaan 4 itu yang saya rasakan ya mulas yang berjeda. Mulas-nya (maaf) seperti mau BAB, bukan mulas seperti sakit saat maag atau lainnya, itu yang saya rasakan. Lebih ekstrim lagi saat melahirkan Arsa, begitu sampai di RSI Cempaka Putih, cek bukaan, sudah bukaan 8 menjelang 9, kalau yang ini rasanya bukan mulas lagi, tapi benar-benar sudah kayak di ujung mau BAB tapi gak boleh! Dan saya gak akan pernah lah mengatakan “lemah banget kamu baru bukaan 1 tapi udah menyerah..” no no no, toleransi sakit tiap orang beda-beda kan ya. Dan lagi, menurut saya takaran sakit setiap ibu yang mau melahirkan itu beda-beda, gak akan sama, jadi gak bisa dipukul rata.

Baca : Melahirkan Arsa Melahirkan Amaya (1) (2) (3)

“Kalau aku sih yaaa.. ngerasa sakit banget itu pas di ‘jahit’, heuuuuh itu rasanya jauh banget lah ketimbang kontraksi-kontraksi itu.. gak ada apa-apanya kontraksi itu ketimbang sakitnya jahitan, plus melihat benang jahit yang panjang itu dari tempat kamu berbaring setelah mengeluarkan si bayi”

Begitu saya bilang ke teman yang merasa kalau dijahit itu gak sakit. Eh pada ngerti ‘dijahit’ kan ya? Ituuu.. karena ada epistomi di jalan lahir itu loh. Nah, anehnya kalau yang saya rasakan malah sakitnya luar biasa, tapi teman saya yang lain justru bilang itu gak sakit. Makanya, lagi-lagi gak bisa dipukul rata lah…

Mbak Icha gak pakai hipnobrithing sih…jadi sakit. Eh (lagi-lagi menurut saya) kalau dari yang saya baca dan rasakan, hipnobirthing itu bukan menghilangkan rasa sakit saat melahirkan sih, tapi mengendalikan. Jadi ya tetap sakit lah, tapi ada perasaan tenang dan menerima, kalau melahirkan ya memang begini jalannya. Jadi bawaannya gak gelisah gak karuan, dan teriak-teriak heboh bilang sakit kesana sini.

Dan, di alquran pun sudah ada kok ayatnya :

Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan (QS. Al-Ahqaf/36:15)

Baca : NWP

Jadi jangan ngeles kalau melahirkan itu gak sakit yaa.. tetap sakit kok, tapi bagaimana kita menerimanya saja. Dan insyaallah gak bikin kapok (walau ada beberapa orang yang mengalami trauma sih, tapi ini bisa disembuhkan) Gini deh, cung yang suka rujakan? Nah, sudah tau kan ya kalau sambel rujak itu pedes, seuhahhhh banget kan? Tapi tetap saja.. colek lagi pakai mangga, colek lagi pakai bengkoang.. teruuus sampai habis si buah🙂 Yang lagi hamil (banyak bangeeet nih) semoga dimudahkan proses kehamilannya ya.. dan lancar proses melahirkannya, Aamiin!🙂

Leave a Reply

