Bunda dan Buku

Dulu, duluuuuu banget sekitar tahun 1996.. ada satu toko buku di Serang nama tokonya “Banten Membangun”, tau toko itu dari teman-teman di SD. Jangan bayangkan seperti Gramedia atau Gunung Agung ya.. toko ini hanya berupa bangunan 2 lantai dengan lantai bawah berisikan alat-alat tulis, dan buku pelajaran, jangan harap menemukan novel atau karya sastra lainnya, komikpun tak ada. Lantai atas tempat penyewaan buku, nah ini lebih variatif lah lumayan.. Sebenarnya toko ini kurang oke dengan pencahayaan yang minim dan debu yang langsung terhirup saat kita masuk ke dalamnya. Apadaya toko buku di Serang memang limitid edition.. dan satu-satunya yang ada rentalnya hanya di toko itu. Cukup membayar 2500 rupiah untuk menjadi anggotanya dan biaya rental buku kisaran 300-500perak tiap bukunya. Saya rutin kesana seminggu sekali sampai sekitar 1tahun, sampai akhirnya bosan karna bukunya banyak yang gak update.. Ehhh pas banget ada rental buku n komik baru di Ciceri, karna dekat rumah jadi bisa jalan kaki.. seneeeng banget rasanya waktu itu.. rela-relain jajan anak mas dan lidi2annya dikurangi demi bisa rental buku n komik disini karna harga sewanya lebih mahal dari Toko Banten Membangun, sampai akhirnya rentalan itu tutup juga *sekarang sudah jadi carefour.

Lalu saya putuskan untuk menabung uang jajan saya, 100, 200, 300.. sampai harga komik waktu saya kelas 4 SD itu kisaran 4-5rb, akhirnya mulai ngoleksi komik Detektif Conan sejak kelas 4 SD. Masih inget juga saat komik Conan sudah keluar yang terbaru di “Mema” *toko buku kecil sempit di jalan Diponogoro*, tapi uang belum kekumpul buat beli + ongkos angkot, rasanya sediiiih syekali. Minta sama ortu? Gak laaah.. beli buku pelajaran buat 4 anak yang lagi sekolah semua aja mereka berat.. masak berani minta beliin komik..

and time flies so fast..

Hari ini saya sudah jadi Ibu 2 anak hari ini.. membeli buku-buku untuk mereka serasa membahagiakan diri saya sendiri.  Saat masih single dulu, melihat iklan di medsos ada paket buku yang harganya setara dengan emas 4gr saya bingung apa ada yang mau beli ya? Gileee kali ya itu orang. Dan setelah Amaya 2 tahun akhirnya saya tergoda membelinya, hahaha *tutupmuka. Tidak ada yang sia-sia tentu saja.. semua terbayar lunas saat melihat Amaya menceritakan kembali dengan sebuah buku kepada adiknya, Arsa. Atau saat dia bilang ke saya :

“Ibunda Muhammad itu Siti Aminah, tapi yang menyusui Ibunda Halimah ya Bun?”

Takjub hati saya menyimak Amaya sudah tau siapa Kakek dan Paman Rasulullah, atau saat dia bilang kalau makam Ayahnya Rasulullah itu di Yatsrib, saya bahkan baru tau soal Yatsrib itu entah SMP kelas berapa.  Walau kadang capek luar biasa saat pulang kantor, tapi di rumah Amaya masih minta bacain buku, hayuuuk aja.. 1,2,3 tentu saja tidak cukup.. minimal 5 lah ya judul buku yang dia minta ceritain. Atau 1 buku cukup, tapi 5 kali dibaca berulang-ulang..hahaha serius loh, dia suka gitu😀

Makanya seneng banget kalau bawa anak-anak ke Toko Buku atau Pameran buku, lihat Amaya sibuk dan bingung pilih-pilih buku mana yang mau dia ambil. Kalau adiknya sih baru bisa ngacak-ngacak aja. Semenjak di kasih banyak buku sama tante Dece di Bandung tahun lalu, ada 1 judul yang dia suka banget.. “Serial si Musti”, nah hari ahad lalu kami jalan ke Gramedia di Mall Balekota Tangerang, pas lagi ada sale. Itu tumpukan Serial si Musti buanyaaak banget ternyata.

A : Buuuuun, ini si Musti semua..huaa.. aku mau

B : Iya kak *cek harganya*, boleh deh ambil ya

A : *Sibuuuk milih-milih, bolak-balik, bingung sendiri* Aduuuh banyak banget, yang ini yang ini yang ini..

B : Boleh 2 buku ya kak

A : *sumringah*

Kami juga sempat ke BBWB yang di Ice-BSD, tapi karena satu dan lain hal kami hanya membawa 1 buku buat Amaya di meja kasir.. At least Arsa seneng lah bisa ngacak-ngacak lautan buku di sana #ehhhh..

btw, ini tadinya mau jadi status FB, tapi kok ya panjang banget..haha mari kita gotong ke Blog. Doakan semoga kami sekeluarga bisa memfasilitasi anak-anak kami dengan sebaik-baiknya, dan semoga Allah limpahkan rezeki yang berkah untuknya, aamiin🙂

photo441853303722190869

*Foto :

Arsa ngacak-ngacak di BBWB, 7 Mei 2016

Amaya bingung pilih-pilih buku, Gramedia Sale, 8 Mei 2016

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s