Tempat Imunisasi Favorit

Heyho, sudah lama sekali tidak posting blog yang ngetiknya pakai keyboard gini, lebih cihuy! Mau sedikit cerita tentang Imunisasi, bukan soal pro-kontranya, tapi cerita tentang tempat-tempat yang biasa kami datangi untuk mengimunisasi anak-anak kami. Btw, dulu saya antivaks loh, tapi setelah bacaaaaa (a banyak, karena bacanya juga banyak) dan belajar dengan orang yang kompeten, alhamdulillah sekarang sudah di jalan pro-vaksin, Bismillah.. semoga Allah mencatat jalan ini sebagai ikhtiar kami berdua sebagai orang tua untuk menjaga amanah kami, anak-anak kami, dan lingkungan sekitar. Eh emang dengan imunisasi ngaruh ke lingkungan sekitar? Iya dooong.. kapan-kapan dibahas ya insyaallah🙂 Sooo.. kemana aja kami kalau mau vaksin?

  1. Markas Sehat

markassehat

Siapa yang belum kenal Markas Sehat? Pasti belum pernah denger Milis sehat deh.. Untuk ulasan saya tentang milis sehat ada di sini, sila dibaca-baca kalau senggang. Kenapa di Markas Sehat? Pilihan dokternya beragam dan bagus semua. Walau tujuannya hanya untuk imunisasi, tapi Dokternya (baik dokter umum atau dokter anak, atau spesialis yang lain) gak hanya sekedar nyuntik ajah, semua dilihat dan diperiksa klinisnya. Misal saat anak kita sudah berusia 6 bulan, dilihat perkembangannya. Sudah bisa apa di usia segitu? Dikasih tau stimulus yang harus diberikan, diberikan juga pengetahuan tentang MPASInya. Lengkap semua dicek, berat badan, tinggi badan, lingkar kepala, suhu, kondisi kulit, kondisi telinga, mulut, mata, jantung, beserta informasi dari chart-nya WHO. Dokter favorit saya Dokter Windhi, sayang beliau sekarang sudah pindah ke tanah Papua. Eits, insyaallah walau sudah gak ada Dokter Windhi, tapi dokter-dokter yang lain jangan diragukan lagi deh kemampuannya. Yang paling asik mereka komunikatif banget buat diajak ngobrol. Seinget saya ini beberapa Dokter yang ada di Markas Sehat : Doker Wati (pendiri Milis Sehat), Dokter Apin, Dokter Rini, Dokter Dimas Seto, Dokter Anto, Dokter Felix, siapa lagi ya? Eh ada Dokter Vina juga sekarang, seorang konselor laktasi. Infonya bisa cek disni.  Hoya, alamat Markas Sehat ada di : jalan Margasatwa komplek PWR No.60 Jatipadang, Ragunan, Jakarta Selatan. Untuk datang ke Markas Sehat, terlebih dahulu membuat perjanjian dengan SMS (SMS ONLY) ke nomer 0812-8355-2332. Harga Vaksinnya standart, dengan tambahan Biaya Konsultasi Dokter (kalau gak salah inget) 125.000 untuk dokter Umum, dan 150.000 untuk Dokter Anak, cmiiw.

2. Praktek Pribadi Dokter Farian Sakinah aka Dokter Ian.

Pernah juga kan ya saya bahas tentang Dokter Ian, ada disni, dan disini. Dokter Ian dulunya ikutan praktek di Markas Sehat juga, tapi sekarang sudah fokus praktek pribadi di rumahnya saja. Walau beliau dokter umum, tapi fokusnya memang menjadi family dokter, jadi asik banget lah Dokter Ian ini. Sama ‘bawel’nya dengan dokter-dokter di markas Sehat, jadi kalau kesana, walau cuman imunisasi tapi bisa sampai 45-60 menit ngobrol sama dokter Ian, tentu aja ngobrolin kesehatan anak yaa.. bukan lainnya🙂 Hoya Dokter Ian juga concern sama masalah obesitas di usia dewasa, beberapa teman saya ikutan group BBI alias Bugar Bareng Ian yang isinya kontrol makanan dan olah raga untuk yang BMI nya belum ideal. Rumah Dokter Ian mudah ditemukan, ada di Jalan Murtadho, daerah Pramuka, kalau dari arah senen, belok kiri di prempatan lampu merah matraman, gang-nya ada setelah pom-bensin, deket dengan fly over matraman. Dari Gang murtadho itu jalan lurus aja sampai mentok, lalu belok kanan. Nanti ada plank Dokter Fahrian di sebelah kanan. Biasanya memang janjian dulu via SMS sih kalau mau kesana, tapi saya gak tau deh nomernya boleh di publish atau enggak, PM aja yang mau :p . Harga vaksinya standar, dengan tambahan biaya konsultasi Dokter sebesar 85.000 (kalau gak salah inget lagi :p). Pokoknya asik cihuy lah konsul sama Dokter Ian ini, baik ngobrol via whatsapp apalagi ketemu langsung.

3. Praktek Pribadi Dokter Apin.

dokterapinklinik

Sama seperti Dokter Ian, Dokter Apin juga praktek di Markas Sehat (sampai sekarang). Saya sudah beberapa kali ke rumah beliau, biasanya kesana kalau saya dan suami hanya punya waktu terbatas, malam hari biasanya. Sama seperti dua bahasan diatas, Dokter Apin juga tipikal Dokter Anak yang asik, komunikatif, RUM, selain nyuntik imunisasi beliau periksa klinis dengan super teliti, dan bikin orang tua semangat belajar. Sayangnya karena jam praktek dokternya setelah beliau praktek di RS Pasar Rebo, jadilah beberapa kali ‘ngaret’ karena ada operasi atau hal lainnya di RS. Tapi kami tetap setia menunggu dok😀. Harga imunisasinya juga standart, dengan biaya konsultasi Dokter sebesar 100.000 (lebih murah daripada ke Markas Sehat :p) jadwal praktek pribadi Dokter Apin setiap hari Selasa, Kamis, Sabtu jam 16-18 (pada kenyataanya saya sering baru masuk jam 18 lewat) di Jl. Inpres no.17A, RT 03/01, kelurahan Tengah, Kramat Jati, Jaktim. SMS dulu ke 08161134311. Hoiya satu lagi, kadang kalau Dokter Apin tau ortu pasien itu anggota milis sehat, dan masih tanya sesuatu yang ‘sepele’, dokter Apin jawab dengan kalimat “follow your heart aja” -_-

4. Rumah Vaksin

Nah kalau yang ini punya Dokter Piprim yang heits banget di Facebook itu. Waktu di Jakarta saya biasanya ke RV Mampang di Jl. Mampang Prapatan IV no.69. Buka tiap Selasa dan Kamis jam19.00-21.00 dan Sabtu 09.30-13.00. Harga vaksinnya lebih murah dari RS atau Markas Sehat dan Tidak ada biaya konsultasi Dokter, cihuy banget kan ya🙂 . Dokter yang menangani Dokter Umum ya, bukan DSA. Kami biasa kesana kalau benar-benar tujuannya “hanya memvaksin saja” karena sorry to say, pemeriksaan klinis di RV tidak se-total di Markas Sehat. Bahkan beberapa kali Lingkar Kepala pun tidak diukur, walau yaa Dokternya ramah memang. Setelah pindah ke Tangerang, saya baru sekali ke RV Ciledug di Mencong,  Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo kav. 35, sebelah Indomaret ada di sisi kiri jalan kalau masuk dari Gang Mencong itu di Ciledug, Tangerang. Asik juga lah RV ini, semoga semakin banyak cabangnya di Nusantara..

Jadi jadi jadi mau kemana imunisasi anak mu bulan ini atau bulan depan? Hehehe.. btw, saya posting ini karena beberapa hari yang lalu pernah ada yang galau belum meng-imunisasi anak-anaknya karena beberapa alasan. Salah satu ketakutannya “kalau salah suntik gimana cha?” Naaaah.. cari dong ya tenaga kesehatan (nakes) yang kompeten, yang oke, yang sudah teruji. Kalau saya ya itu tadi listnya, kalau kamu?🙂

dan waktu terus berjalan, virus semakin berkembang, jangan tunda untuk mengimunisasi anak kita ya🙂

One thought on “Tempat Imunisasi Favorit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s