2 Oktober : Nana

Meski di luar sana mendadak heboh dengan hari-batik, tapi bagi saya yang entah sejak kapan mengingatnya sebagai tanggal spesial buat seseorang (dan menjadi dua orang setelah tinggal di Jakarta).

Ada sebuah nama yang saya kenal sejak 19 tahun yang lalu. Di sebuah TK yang jaraknya hanya beberapa langkah dari rumah. Nana. Saya memanggilnya Nana, entah kenapa saya baru tau nama aslinya bukan Nana, tapi Nadia Fatima baru di kelas 3 SD. Masih ingat betul, saya kekeuh nulis nama dia di sebuah tugas kerja kelompok dengan : Nana Nadia Fatima. Lalu Nana menghapus kata Nana. Kenapa Na? Nama aslinya  kan Nadia Fatima cha.. Gak Pake Nana! Saya jadi terbengong-bengong, temenan selama 3 tahun, baru tau nama aslinya😀

Yak, saya kenal Nana dari TK, lalu satu SD, lanjut satu SMP, dan akhirnya satu SMA. Subhanallah cara Allah menjaga ikatan hati ini. Na, foto kita pas TK masih terpajang rapih di ruang tamu rumah loh😀, masih ingat wajah-wajah polos itu kah? Bisa dibilang Nana menjadi teman pertama saya di TK. Allah mengajarkan saya lewat seorang Nana artinya berteman sejak se-kecil itu. Berteman, menjaga pertemanan, terlindungi dan melindungi teman, saling menjaga perasaan. Eh saya jadi inget, kita pernah marahan atau musuhan gak Na? Seinget saya gak pernah, apa lupa ya?😀

Meski kita beda ‘aliran’, tapi saya tidak memandangnya sebagai permasalahan yang harus ditelusuri akarnya. Bahkan saya dan Nana  bukan seperti sepasang sahabat yang kemana-mana di sekolah harus berdua, atau yang kemana-mana jalan berdua. Atau misalnya, continue sms/bbm/whatsapp, tidak. Tidak intens bertemu pula. Saat tulisan ini ditulis, saya bertemu nana terakhir kali di bulan maret lalu malah. Meski begitu, saya dan Nana masih merasa dekat, entah betapa baiknya Allah menjaga ikatan hati ini. Se-enggaknya ini yang saya rasain🙂 Menurut saya, tidaklah harus jasad bertemu, tapi doalah yang mesti mengalir hingga terus  menembus langit. Semoga Allah menjaga Nana menjadi muslimah yang terus lurus di Jalan-Nya, yang terus bermanfaat dimanapun Nana berada yah! barakallah fi umrik Na, Love You cause Allah, Insyaallah🙂

 

 

*btw, foto kita yang di nikahan nita kemana ya?

2 thoughts on “2 Oktober : Nana

Leave a Reply

