Kontroversi #Susu

Suka Susu gak? Saya suka bangeeeet, apalagi yoghurt! adeeeuh.. seminggu bisa 8kali minum yoghurt😀 Tapi setahun yang lalu saya baca bukunya Prof Hiromi Shinya yang judulnya The Miracle of Enzym (gugling sendiri kalau mau tau lebih details :P), jadi takut-takut kalau lagi minum susu dan segala turunannya. Intinya dari buku itu adalah : susu hewan itu sama sekali gak cocok buat manusia, tentu saja dengan penjelasan ilmiah tingkat tinggi dan fakta-fakta di lapangan yang disertakan. Menghabiskan buku itu dalam satu malam, lalu saya cari tau lewat web-web (lokal dan luar), akhirnya saya bilang sama diri sendiri : oke, ternyata memang benar ya susu (sapi) itu gak baik buat manusia. Seminggu kemudian saya diskusi sama seorang dokter, sembari meminjamkan buku tersebut. No Hope, mungkin dokternya sibuk banget, sampai sekarang kami belum ngobrol-ngobrol lagi. Mulai saat itu, saya jadi jarang minum susu dan turunannya (keju, yoghurt, dll)

*setahun kemudian*

Iseng-iseng saya mulai jalan-jalan di twitter, dan akhirnya duduk lama baca semua twitnya @erikarlebang mengenai #foodcombining dan #kibulan susu. Saya juga langsung nongton acara di metroTV yang beliau isi (8-11). Whey, ternyata menyadari kalau selama ini saya salah dengan pola makan dll mengenai asupan makanan. Gak sampai disitu, saya juga buka web pribadi beliau. Naaah, disitu ada bahasan tentang #kibulansusu. Intinya sama dengan buku Prof Hiromi Shinya itu : susu hewan itu gak bagus untuk manusia, bahkan sapi dewasa saja tidak minum susu induknya. Saya percaya.

*

Setelah sholat maghrib, saya tiba-tiba saja ingat kalau Rasulullah itu minum Susu kambing kok. Dan tidak ada satupun yang dilakukan Rasul itu sia-sia alias gak bermanfaat, lebih-lebih membahayakan, ya kan? Saya langsung kirim misej ke Bang Erik via FB. Alhamdulillah hari ini di balas, nah karna saya sempat diskusi sama beberapa teman tentang tema yang sama.. saya co-pas semua-nya aja ya🙂

Chairunisah Sf

Assalamualaikum Bang, kenalin saya @sepedakwitang alias icha. tadinya mau DM di twiter, ternyata gak bisa ya..

Ada yang mau saya tanyakan nih, mengenai susu. Saya sudah baca buku Hiromi Shinya, dan #kibulansusu di erykar.posterous.com. kalau saya gak keliru, keduanya menyimpulkan yang sama : susu binatang itu gak cocok untuk manusia dewasa? betul kah? dengan paparan ilmiah di buku Hiromi Shinya saya terperangah, benar-benar tidak tau akan fakta seperti itu. Dan saya juga percaya banyak pihak-pihak yang di untungkan dengan aktivitas rajin minum susu ini. saat itu saya percaya. dan menghentikan minum susu.

Tapi, tadi, tiba-tiba saja saya sadar : Rasulullah itu minum susu. (maaf, saya tidak tau Bang Erikar muslim kah?) Bahkan ada hadist seperti ini : “Tidak ada satupun makanan yang bisa menggantikan makanan dan minuman melebihi susu” dan selama ini saya yakin, haqqul yaqin, bahwa apapun yang dilakukan oleh Rasulullah tidak ada yang sia-sia. Iya Bang, Rasulullah itu minum susu kambing, kalau saya gak salah inget. Hm… bisa minta tanggapannya?

mohon maaf jika kurang berkenan, saya mencoba menyalurkan kebingungan yang mudah-mudahan kepada orang yang tepat ya Bang. terima kasih sebelumnya..

wassalamualaikum wr wb

tambahan : barusan banget saya baca alquran, dan pas di surat al-mu’minun ayat 21, artinya seperti ini Bang : Dan sungguh pd hewan-hewan ternak terdapat suatu pelajaran bagimu. Kami memberi minum kamu dari (air susu) yang ada dalam perutnya, dan padanya juga terdapat banyak manfaat untukmu, dan sebagian darinya kamu makan.

Wallahualam, rasanya kalau Al-Quran gak ada yang salah kan? 

sekali lagi mohon maaf jika kurang berkenan, jujur saya gak tau apakah Bang Erikar beragama Islam atau bukan.

 

Erikar Lebang

Itu juga sudah pernah dibahas..

Perhatikan pemisahan kata ‘minum’ dan hewan ternak. Ada dua hal yg berbeda di sana, kegunaan hewan dan minuman yg ada dlm hewan tersebut (susu). Kalimat itu makin diperjelas dgn fungsi lanjutan kalimat tersebut, dagingnya bisa dimakan.

Jadi hewan yg dibicarakan secara keseluruhan disana, bukan susunya.

Saya muslim.

Kenapa Anda memaksakan sekali susu? Penelitian ilmiah menunjukkan susu itu memang terbukti buruk bagi kesehatan? Anda memaksakan ayat-ayat Al Qur’an yg sebenarnya tidak membicarakan kesehatan susu sama sekali menjadi seakan-akan bicara ttg kegunaan susu. Padahal sekali-sekali tidak!

Anda ingin membuat Al Qur’an berkesan berlawanan dengan ilmu pengetahuan?

Al Qur’an tidak pernah berlawanan dgn ilmu pengetahuan. Sila Anda rujuk ke buku Qur’an, Bible and Science karangan Dr. Maurice Bucaille, yg telah memu’alafkan ribuan bahkan jutaan orang ke dalam Islam. Anda akan melihat betapa Qur’an sangat dekat dgn ilmu pengetahuan dan tidak melegitimasi apa-apa yg tdk sesuai.

Termasuk susu dlm hal ini!

Salam

Chairunisah Sf

justru saya mau cari tau, karna saya juga yakin kalau ilmu pengetahuan yang baik dan benar selalu selaras dengan alquran bang.. saya juga gak memaksakan ayat-ayat alquran, itu malah saya baru tau ada kata “susu” di dalam alquran (saya gak rajin baca terjemah apalagi tafsir), cuman kemarin keingetan kalau Rasulullah itu minum susu kambing. Dan saya ingat (dan yakin) bahwa apapun yang dilakukan Rasulullah itu baik dan bermanfaat buat kita tiru, termasuk minum susu kambing 

terima kasih untuk penjelasan ayatnya, insyaallah saya juga mau cari tau lebih dalam ttg tafsir ayat tersebut 

terima kasih, semoga ilmunya bermanfaat ya bang…
*maaf kalau (lagi2) kurang berkenan*

Erikar Lebang

Ingat satu hal..

Rasulullah tidak minum susu kambing dalam konteks untuk memerintahkan kita minum susu. Beliau minum susu utk kesenangan pribadi. Cek riwayat hadis, banyak sekali hal yg Rasulullah pisahkan dlm konteks pribadi beliau dan kepentingan umat.

Dan kalau Anda tahu persis bagaimana riwayat hadis itu dikumpulkan? Ada alasan kenapa hal-hal berbau ilmiah jarang dirujuk ke hadis oleh para cendekiawan muslim. Mereka lebih suka menempatkan ayat Al Qur’an sbg rujukan fenomena ilmu pengetahuan ilmiah

Logika krn Al Qur’an menyebutkan kata susu lantas secara gegabah mengatakan bahwa susu dianjurkan utk kesehatan juga bisa berbalik fatal

Al Qur’an menyebutkan kata ‘neraka’ dlm berbagai bentuk turunan kata, dari mulai ‘Naar’ hingga ‘Huthamah’, apakah dianjurkan kita mendekati neraka?

Tentu tidak bukan?

Percuma sedikit-sedikit mengatakan “menjadikan Qur’an dan hadits sebagai acuan hidup” tp pada kenyatannya hanya merapal serangkaian kalimat yg tidak dimengerti artinya? Bacalah Al Qur’an dgn arti dan tafsirnya. Bila perlu baca 2-3 kitab tafsir yg berbeda, agar kita memiliki pikiran yg terbuka terhadap banyak kemungkinan. Karena ayat Al Qur’an umumnya bersifat multitafsir (Bahkan beberapa mutasyabi’ah, lebih tidak bisa ditafsirkan lagi kecuali oleh Allah)

Disinilah ilmu pengetahuan berperan sbg tandem dlm mempelajari Al Qur’an. Model cross check ini berlangsung terus sepanjang masa.

Ada alasan kenapa Iqra (baca) turun sebagai kata pertama yg mengawali turunnya rangkaian ayat dan surah hingga menjadi Al Qur’an.

Salam

***

Nah looooh makin bingung saya😀, yok lah sama-sama cari ilmunya, meski kita  saya bukan anak gizi, bukan dokter, tapi mudah-mudahan Allah kasih ilmunya ya ^^

16 thoughts on “Kontroversi #Susu

  1. owh jadi begitu ya. aku diawal2 juga sempat bertanya2 kok g baik susu hewan?
    walau belum cari tahu sikh.
    tapi emang saya pernah dengar g baik.
    mmmm, banyak belajar termakasih ^^

  2. nuhun cha.
    sbnrnya msh bingung apa sisi negatif dari susu? mgkn ada info penting dr buku Prof. Shinya yg bs di-share?
    hsl googling sih myatakan: susu adlh sesuatu yg sulit dicerna krn memiliki kandungan lemak yg berlebih. lalu bgmn dg “susu tanpa lemak”?

  3. iya cha sy jg pernah dikasi tahu tentang hal itu (*tp blm cari tahu sndiri sumbernya) jd sbnernya blm bisa berkomentar🙂 nanti sya mau tanya2 lagi k yg mungkin lbh berkompeten ya biar bs dishare bareng..

  4. Saya termasuk pecinta susu, tapi sekarang berusaha untuk lebih keabar makan dan minum langsung buatan TUHAN😀 seperti buah, sayuran segar dan air mineral. lebih aman, lebih dibutuhkan oleh tubuh bukan untuk keinginan kita!!

    tapi kalo ngga salah Bang erik juga pernah saya lihat di TL twitternya, kalo mau minum susu atau product2 lainnya silahkan saja asal jarang sering2. sekedar melepas rasa kangen dan jangan kalap.

    BTW. thank ya mba udh shared diskusinya… mau saya shared lagi ke yang lain!🙂

    • arigatou mba dian, aku udah join groupnya.. kmaren aku tanya temen yang baru pulang dari IUJ, katanya di daerah sana emang jarang ya masyarakatnya minum susu.. lebih suka Ocha..

  5. Masa rasul minum susu ut kepentingan pribadinya? betul kata penulis, semua perkataan, perbuatan dan tingkah laku rasul adalah contoh dan tidak mungkin sia2…
    Erikar Lebang membahas pertanyaan penulis dg emosi…

  6. Iya. Kayanya Rosulullah jga minum susu, tpi susu kambing segar. Ad penelitian lain, yg katanya susu ternak emang bahaya kaya katanya Prof. Hiromi, kecuali susu kambing segar. Susu kambing ini tdk mnimbulkan lendir di tubuh manusia, lain halnya dg susu dari hewan ternak lain..
    Gitu katanya, tapi wallahu a’lam🙂

  7. Saya tidak sepakat dengan pernyataan bang erikar yang menyatakan bahwa rasulullah membedakan urusan pribadi dengan kepentingan umat,,,bukankan nabi Muhammad adalah salah satu rujukan kita dalam memahami islam baik dari perbuatan maupun perkataan beliau,,seperti hal sepele adab makan dan minum, adab bersosialisai, jadi saya beranggapan apapun yang beliau lakukan adalah rujukan dalam kehidupan sehari2……”sesungguhnya Allah mengutus saya ini untuk menjadi rahmat bagi semesta alam dan menjadi hidayah bagi orang yang bertaqwa.”(HR. Ahmad dan Thabrani)…Malah saya beranggapan bang erikar lah yang justru memaksakan pendapat beliau. Seperti ayat diatas dapat kita simpulkan bahwa manfaat hewan ternak (sapi, kambing, unta dll) selain bermanfaat dagingnya juga dapat meminum susunya….Saya yakin sekali apa2 yang diciptakan Allah bermanfaat bagi manusia,,sembari saya memngingat asal semuanya tidak berlebihan…wassalam.

  8. susunya yg bagaimana dulu??? susunya itu susu mentah dalam artian susu yg tidak di masak atau bukan susu UHT, raw milk http://www.youtube.com/watch?v=nI7eajIF0ms , raw milk dari sapi atau kambing yg di ternak dengan sebaik2nya yg memakan rumput yg tidak di suntik hormon yg tidak makan dari tumbuhan GMO dll, this kind of milk that the best milk for the gut, dan iya di sebutkan di qur’an yg isinya dan dari hewan itu ada minuman bagi manusia , kalau Allah menyebutkannya seperti itu berarti BOLEH dan MEMANG untuk kita konsumsi, dan sekali lagi terlepas dari susu pembicaraan terakhir dari yg saya baca di atas menjanggal sekali, ALLAH menciptakan Al qur’an untuk semua umat manusia yg meyakini Allah sebagai pengaturnya (RAbb) perkataan Allah dalam Al-qur’an itu untuk manusia (insan, nas, bashar , muhlisin dll sebutan2 tersebut adalah sebutan Allah kepada tingkatan2 manusia dan prilakunya) Allah menciptakan Al qur’an bukan untuk Allah !!!! jadi TIDAK ADA perkataan Allah di dlm Al qur’an yg tidak bisa di cerna oleh manusia !!!!! tidak ada perkataan Allah di dlm Al qur’an yg hanya bisa di ARTIKAN oleh Allah sendiri !!!! Allah selalu menyebutkan di dalam Al qur’an tentang pengelihatan pendengan dan hati untuk kamu berfikir dan mengambil pelajaran, oleh karna itu gunakan lah dan janganlah berkata sesuatu tanpa ilmu pengetahuan, Al qur’an itu untuk semua umat, kita hanya bisa mengenal hadist yg shohi apabila kita mengenal al qur’an

  9. Hadist bisa aja salah atau benar tapi bagaimana cara meminum susunya dan hewan seperti apa? umur berapa? keadaan bagaimana? pada saat meminumnya. Kalau masalah Al-Qur’an pasti benar, tapi kita harus tanya ahli tafsir karena menafsirkan Al-Qur’an itu ada cara-caranya salah satunya dari tata bahasa. Mari kita jadikan Al-Qur’an sebagai acuan dan pedoman hidup, bukan hanya bacaan buat nyari pahal doang. Nanti kalau dah ada yang dapet penjelasan dari ahli tafsir, tolong share yah….

  10. Orang yg kurang ilmunya biasanya slalu emosi Dan ngotot kalau berpendapat.
    Better ga dilanjut diskusi, cari sumber lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s