30 Alasan Bahwa Anda Mampu Lahir Secara Alami [Gentle Birth]

Beberapa hari belakangan ini saya lagi rajin-rajin baca-baca artikel tentang Gentle Birth. Mulai dari main ke http://www.gentlebirthindonesia.com/, sampai ikutan group GBUS. Subhanallah, beberapa kali saya sampai nangis bacanya (ini karna saya baca artikelnya di subuh hari, sendiri, dan hujan kali ya, hehe). Meski saya belum pernah hamil -belum nikah bahkan😀, tapi saya eager kalau masalah yang seperti ini. Rasanya amaze aja gitu, ada kuasa ALLAH yang sebegitu hebatnya untuk makhluk yang kita sebut : Wanita. Ini ada artikel yang sangat oke banget sekali yang harus dibaca oleh seluruh Wanita di dunia ini *asli*, saya dapat dari file di Group, yang juga ada di webnya “bidan kita”, judulnya sama seperti judul postingan ini. Enjoy then🙂

Akhir-akhir ini seringkali kita mendengar begitu banyak  cerita negatif tentang proses persalinan.

Ada yang di vaccum, di forceps juga di SC. Apalagi di Kota besar, persalinan normal alami sangatlah jarang terjadi. Dan jika Anda menginginkan untuk melahirkan secara normal alamipun seolah-olah ini sangat sulit di capai bagaikan pungguk merindukan bulan. Dan seolah-olah kodrat perempuan bahwa tubuh seorang perempuan/wanita secara ilahi dirancang untuk melahirkan bayi secara alami ini hilang entah kemana.

Sebenarnya Tubuh kita adalah sebuah keajaiban, dan tubuh seorang wanita mempunyai pengetahuan yang sempurna untuk melahirkan secara alami. Asal Anda siapkan sebaik-baiknya maka mereka akan saling bersinergi dan berfungsi dengan normal.

Berikut adalah beberapa pengingat dan alasan untuk Anda tentang kebenaran bahwa kita bisa melahirkan alami dan normal:

  1. Anda seorang wanita
  2. Ibu Anda adalah seorang wanita juga dan dia melahirkan Anda.
  3. Begitu juga dengan nenekmu dan semua ibu mereka
  4. Seorang Perempuan secara harfiah memiliki kemampuan untuk bertahan hidup dan berkembang biak dan sudah beribu-ribu tahun mereka melakukan ini (melahirkan alami) dan untuk untuk mempertahankan populasi generasi. Buktinya adalah bahwa kita semua SINI.
  5. Dunia kedokteran mulai melayani atau membatu ibu melahirkan baru sekitar 100 tahun yang lalu. Sedangkan sejak beribu-ribu tahun yang lalu seorang ibu sudah mampu melahirkan. Jadi apa yang Anda takutkan?
  6. Anda memiliki vagina dan vagina fungsinya untuk melahirkan. Ini yang harus Anda ingat!
  7. Anda mampu hamil berarti Andapun mampu melahirkan secara alami
  8. Semua ketidaknyamanan, rasa sakit dan nyeri, meskipun mungkin menjengkelkan, namun ini membuktikan bahwa tubuh Anda MELAKUKAN tugasnya.
  9. Anda memiliki payudara berarti Anda pasti bisa menyusui dan memberikan ASi eksklusif kepada bayi Anda nanti. Mengapa Tuhan menciptakan payudara untuk Anda? satu alasan: untuk memberi makan terbaik bagi anak Anda.
  10. Anda mengalami menstruasi setiap bulan
  11. Saat hamil  perut Anda bertambah besar, badan Anda bertambah ekstra berat, dan payudara Anda terasa penuh ini berarti tubuh Anda melakukan tugasnya dengan baik.
  12. Anda ngidam makanan pertanda baik kan?
  13. Anda mengalami masa pra-persalinan atau kontraksi Braxton-Hicks, ini menunjukkan bahwa tubuh Anda sedang mempersiapkan kelahiran.
  14. Stretch mark mengindikasikan pertumbuhan dan kesuburan.
  15. Epidural = penemuan baru dan banyak resiko serta efek sampingnya
  16. Begitupula dnegan episiotomi = juga, baru. Jadi jika tidak ada indikasi mengapa harus dilakukan episiotomy?
  17. Metode persalinan SC ini juga Metode baru tetap ada resikonya, dan melahirkan normal alami tetap yang terbaik karena tubuh kita diciptakan untuk melahirkan alami. Jika SC adalah yang terbaik tentu sejak dahulu (sejak jaman Nabi) sudah ada SC? Lakukan SC jika ada indikasi saja.
  18. Tulang dan ligament tubuh kita bergerak dan melakukan pelunakan untuk membuka jalan lahir untuk dilalui bayi.
  19. Anda memiliki pinggul.
  20. Anda memiliki panggul, dan sangat berbeda anatominya dengan pria.
  21. Panggul Anda, meskipun terdiri dari tulang namun tetap bisa bergerak dan bergeser untuk mengakomodasi bayi lahir alami.
  22. Memiliki pantat besar? Bagus berarti semakin luas jalan bayi Anda. Bagaimana kalau pantat Anda Kecil? Itu OK juga-karena Panggul Anda masih bisa bergerak.
  23. Nenek moyang Anda sejak 1000 tahun yang lalu bisa melahirkan tanpa intervensi medis, dan mereka harus bertahan, karena itulah Anda disini dank arena itulah Anda pasti juga bisa!
  24. Persalinan adalah akhir dan klimaks yang alami dari seksualitas
  25. Khawatir tentang rasa sakit melahirkan? Jangan. Rasa sakit bukanlah bagian dari persalinan lho…karena rasa sakit hanyalah sebuah akumulasi dari pengaruh emosi, lingkungan, kecemasan. Nah orang bilang ketika Kontraksilah yang membuat timbulnya rasa nyeri. Padahal sebenarnya kontraksi adalah salah satu sinyal dari tubuh dan bayi Anda bahwa bayi Anda akan segera datang, jadi hilangkan kekhawatiran dan kecemasan Anda serta lakukan persiapan untuk menyambut kontraksi tersebut sehingga terasa nyaman.
  26. Bayi anda bergerak- ketahuilah dia sedang mempersiapkan diri untuk dilahirkan. Ajak bicara bayi Anda
  27. Gerakan bayi Anda juga menunjukkan dia tubumbuh dan berkembang dengan sempurna
  28. Semua tes pranatal adalah penemuan baru. Nenek moyang Anda juga melahirkan tanpa ini. Jadi bijaklah memilih test prenatal.
  29. 50 tahun yang lalu tingkat atau angka kejadian SC  adalah sekitar 4%. Mengapa sekarang menjadi hampir 90%? Ayo waspada. Terutama waspadai unsure “business being born”. Jadilah klien yang SMART
  30. Khawatir tentang proses persalinan? Proses kelahiran dan semua tahapannya juga membantu mempersiapkan Anda untuk bertransformasi menjadi ibu dengan percaya diri. Pelajaran yang Anda pelajari dalam persalinan adalah iman, semangat, kerja keras, rasa sakit, sukacita, menyerah, euphoria. semua akan diulang lagi saat Anda membesarkan anak-anak Anda. Ini adalah sifat persiapan untuk ibu jadi mengapa musti khawatir?

Nah semoga 30 alasan di atas dapat menguatkan Anda untuk semakin percaya diri untuk bisa melahirkan secara normal alami.

Ayo Semangat! Siapkan Body Mind and soul Anda untuk menyambut buah hati dengan penuh kedamaian dan kelembutan.

Semoga bermanfaat

Salam Hangat

Yesie.

 

sumber : bidankita

pic : who is she?

8 thoughts on “30 Alasan Bahwa Anda Mampu Lahir Secara Alami [Gentle Birth]

  1. SAYA AKAN MELAHIRKAN NORMAL.. INSHAALLAH.. KARENA TIDAK MAU MELEWATKAN NIKMAT MELAHIRKAN NORMAL.. TIDAK MAU MELEWATKAN MALAIKAT BERDOA UNTUK SAYA ..

    SAYA MAU JADI IBU PERFECT DGN MELAHIRKAN NORMAL..
    🙂

    • amien..

      sepertinya sangat ingin melahirkan secara normal ya? kerabat dan teman2 saya yg prempuan juga demikian..

      btw kata ibu saya (pernah melahirkan secara : normal, sc dan vacuum) melahirkan dengan normal itu awalnya nyeri dan sakit namun masa pnyembuhannya sangat cepat (ibu saya dapat berjalan kaki 3 hari setelah melahirkan normal)
      dibandingkan scara sc, awalnya tidak merasakan sakit karna dibedah namun masa pnyembuhannya sangat lama (ibu baru dapat berjalan 1 bulan stelah mlahirkan).
      Tapi tetep melahirkan secara normal adalah ssuatu yg sngat mmbahagiakan bagi beliau😀

  2. sejak hamil pertama saya sudah percaya bahwa kita, para wanita, adalah ciptaan sempurna dan ajaib.
    tubuh kita telah dibekali berbagai kemampuan untuk melakukan tugasnya.
    pengalaman hamil dan melahirkan 2 kali membuktikannya. membuat saya lebih bersyukur lagi telah dilahirkan sebagai wanita dan berkesempatan menjadi seorang ibu.
    the joy that the baby brings is beyond the pain we go through🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s