belajar nge-cake #2 (Bolu Kukus Mocca)

kalau ditanya apa yang paling saya takuti saat membuat bolu kukus kemarin, jawabannya : pas buka tutup panci kukusan😀

Alhamdulillah, akhirnya terlaksana sudah praktek bikin bolu kukus mocca (16 Oktober 2011), saya pakai resep jagoannya NCC pemula : Bolu Kukus 200 by Ibu Fatmah. Sebelum memulai, saya sudah siap mental jika bolunya tidak mekar, alias bantat, alias cemberut😀

200 gr   gula pasir –> saya pake gula kastor (gulaku)
2 btr      telur
200 gr   tepung terigu protein sedang –> saya pake segitiga
200 ml  air soda (misal: Sprite)
1 sdt     emulsifier (misal: SP) –> saya pake quick

Cara membuatnya:

  • Taruh semua bahan dalam wadah, kocok dengan hand mixer sekaligus hingga kental.
  • Ambil sebagian, beri warna sesuai selera. –> saya pake pasta mocca
  • Tuang kedalam cetakan bolu kukus yang telah dialasi kertas, adonan putih dan adonan warna.
  • Kukus dalam dandang yang telah beruap banyak selama 20menit –> saya gak nyampe 20 menit udah jadi tuh😀
Alhamdulillah bolu kukusnya mekaaaar, cantik!! sekedar tips ya :
  • Kukus dengan api besar
  • Masukkan adonan ke dalam panci kukusan yang telah beruap banyak (sudah di masak sekitar 5 menitan lah)
  • Adonan di kocok samapi kental dan putih mengkilat
  • Air untuk mengukus tidak terlalu banyak, cukup 2 buku jari
  • tutup panci dengan kain serbet (saya pake kerudung jadul yang udah gak kepake), jangan sampai ada air yang menetes ke kue, karna kue akan bantat😀
  • niatkan bikin kue untuk hal yang baik-baik, dan jangan lupa berdoa banyak-banyak😀

Leave a Reply

