belajar nge-cake

Sudah hampir dua bulan ikutan milis NCC (terpengaruh sama bubu Mia -ketua OSIS pas jaman SMP dulu), dan sukses bikin setiap hari paling tidak setengah jam sibuk sendiri ngeliatin foto-foto laporan cake dari NCCers. Woohoooo..keren-keren banget emang! Kesalutan semakin bertambah saat mengetahui beberapa dari mereka : sudah menikah, anak lebih dari satu, kerja kantoran, buka bakul rumahan (terima pesenan cake)  juga.

Well, masih keinget-inget kata-katanya si Abang : Lebaran kali ini gagal, gara-gara banana cake icha bantet!

Dasar ya lelaki, gak berperasaan! Akhirnya saya putuskan, awal Oktober ikutan kursus cake! jadwal di tanggal 1 Oktober itu bolu kukus, padahal niatnya basic cake dulu, yasu gak kenapa. Selain pertimbangan gak mungkin bawa oven di rumah ke kotsan, tapi masih mungkin pinjam panci kukusan ke ibu kotsan, akhirnya saya putuskan ambil kursus cake kukus🙂

Biayanya lumayan, 250rb untuk 5 resep dalam waktu 4 jam. Meski saya sempat ngomel-ngomel curhat ke ibu kotsan kenapa kursus bikin kue semahal itu, padahal kita gak pake praktek, cuman liatin pengajarnya demo aja. Tapi kata Ibu kotsan, “keahlian itu emang mahal cha, kita harus menghargainya. Untuk bisa expert bikin kue, berapa banyak kue yang gagal dia buat?” hehe, saya langsung nyengir😀

Tanggal 1 Oktober pagi-pagi saya sudah semangat’88 berangkat naik sepeda ke daerah Matraman dalam, markas besarnya NCC. Lumayan mudah menemukan lokasinya, karna Ibu Fatmah (pendiri NCC) terkenal di lingkungannya. Jadi tinggal tanya mamang ojek😀. Sampai di markas 09.50, dan kursus mulai jam 10 teng! Jreng jreng, saya anak muda sendirian, yang lainnya (5 orang)  udah emak-emak, malah ada yang bawa anak.

“Umurnya berapa cha? bisa-bisanya masih muda gini mau ikutan kursus kue”

“Icha, masih nge-kots? trus ngapain ikutan kursus bikin kue?”

dan pertanyaan-pernyataan sejenis lainnya saya dapatkan. Mau bilang iseng, ya gak juga.. iseng kok 250 rebu, hehe. Mau bilang serius, ya kok lucu.. di kotsan cuman ada kompor gas, tanpa mixer apalagi oven. Jadi saya jawab senyam-senyum aja :))

Satu hal yang paliiiiiing saya inget dari pengajar, “kalau ditengah-tengah lagi manggang, trus listriknya mati.. yaaah wassalam aja, cake yang udah naik, bakalan turun lagi” Naaaaaah, pengen rasanya saya langsung telpon abang/adik saya saat itu juga. Masih inget bangeeeet pas H-1 lebaran kemaren, mereka kekeuh ngidupin 2 TV, 2 PS, bikin battle gitu. Padahal listrik dirumah kan gak gede-gede banget. Yaah idup mati deh itu oven! (kombinasi adik/abang maen PS, keponakan nongton TV, mama nyuci, saya dengan mixer dan oven = wassalam!) *bukan pembelaan, tapi di 10menit awal panggangan, cakenya udah ngembang cantik kok, hehe

Inginnya pulang kursus langsung praktek, semangat masih menggebu-gebu. Tapi sayang seribu sayang, sampai dua minggu berlalu, saya belum praktek juga😦, aduh sok sibuk amat ya! Tapi beneran deh, pekan ini saya harus praktek! Ahad kemarin saya sudah bawa mixer dari rumah ke kotsan😀, tinggal nyari loyang ke toko Ani di gunung sahari deket kantor. Inginnnya bikin bolu kukus (bolu kesukaan saya), meski kursus kemarin gak praktek bolkus, meski saya belum pernah sekalipun liat orang bikin bolkus, tapi Bismillah ya! Kata Mbak Wied (Pengajar), jangan takut bantat atau apapunlah.. semua yang buka usaha cake itu juga awal-awalnya gitu. Entah berapa kali kami sukses bantat😀

**

Ini ada tips membuat bolu kukus cantik merekah, dari Mbak Heryanti Saleh (dari milis)

1. Pastikan pencampurannya cukup. Memang sesudah tepung dan cairan masuk, otomatis adonan akan mengental tapi agar menjadi adonan yang teremulsi baik maka harus dimixing sampai adonan licin, putih dan agak mengembang lagi. Ini memakan waktu kira-kira 5-7 menit. Baru akan menghasilkan bolkus yang mengembang ringan dan kepus-kepus alias spongy.
2. Mitos harus sedikit jumlah bolkus per batch dengan waktu kukus 10 menit. Seharusnya untuk menghemat gas, masukkan jumlah bolkus secukupnya sehingga masih ada renggang antar bolkus kira-kira 2-3 cm saja. Lama mengukus hanya 4-6 menit per batchnya dengan menggunakan klakat.
3. Jumlah air kukusan kira-kira 2 ruas jari dari dasar kukusan. Toh kalau hampir habis, dandang/klakat bisa diisi kembali.

 

sengaja di taro di sini, biar gampang nyarinya😀

*semangatbelajarbikinkue*

Leave a Reply

