come and go

Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang padamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? Mereka ditimpa malapetaka dan kesengsaraan, serta diguncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya, “Kapankah datangnya pertolongan Allah?” Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat. (QS. Al-Baqarah:214)

Penutup ayat yang melegakan ya? Sesungguhnya pertolongan Alloh itu amat dekat. Penegasan dengan menggunakan kata amat, subhanalloh! Kadang kita saya saja yang terlalu sering lupa, terlalu heboh dengan macam-macam masalah, terlalu fokus dengan jalan keluar versi diri sendiri. Terlalu sering juga lupa kalau yang kita anggap baik, belum tentu dimata Alloh baik, versi Alloh-lah yang terbaik, arsitek kehidupan Maha Sempurna. Terlalu sering berkeluh kesah, hanya bikin beban pikiran bertambah, tensi darah tidak normal, sistem pernafasan, pencernaan jadi kacau, dan hanya menjadikan keadaan yang terlalu dramatis. Bukankah setiap beban punya pundaknya sendiri? dan Dia tidak mungkin salah memilih pundak kan?

Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah daripada mukmin yang lemah. Namun, keduanya tetap memiliki kebaikan. Bersemangatlah atas hal-hal yang bermanfaat bagimu. Minta tolonglah pada Allah, jangan engkau lemah. Jika engkau tertimpa suatu musibah, maka janganlah engkau katakan: ‘Seandainya aku lakukan demikian dan demikian.’ Akan tetapi hendaklah kau katakan: ‘Ini sudah jadi takdir Allah. Setiap apa yang telah Dia kehendaki pasti terjadi.’ Karena perkataan kalau (seandainya) dapat membuka pintu syaithon.” (HR. Muslim nο. 2664, dari Abu Hurairah)

salah satu kebiasaan yang bikin masalah berkurang secara kualitas (tp tidak secara kuantitas ya), adalah dengan senyum. Seringnya saya menghadap kaca, lalu tersenyum maksimal. Efeknya bisa bikin (sedikit) lega, dan membuat kita lebih berfikir jernih. Silakeun dicoba🙂

Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan Mengadakan baginya jalan keluar, dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. dan Barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya.” (QS. Ath Tholaq: 2-3)

like people, problem have their own job. come and go.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s