Sup Telur (Jamur) Worcis Udang Segar

Bahan :

Wortel 1 buah, ukuran terserah (kemaren, beli 1000 dapet 3), iris sesuai selera

Buncis, sesuai ketersediaan di dapur anda (1000 bisa 2 kali masak), iris sesuai selera

Udang, ¼ kg (7500)

1 ruas Jahe muda, iris tipis

Bawang Bombay 1 buah ukuran sedang, iris

2 siung bawang putih, geprak (apaan nih?), cincang

1500 air (kalau pake kaldu lebih oke)

½ sdt merica bubuk

1 butir telur, kocok lepas

3 sdm minyak goreng

Garam n Gula secukupnya

Cara Membuat:

Panaskan minyak goreng, tumis bawang  Bombay, jahe iris, dan bawang putih hingga harum

  1. masukkan udang, aduk hingga udang berubah warna
  2. masukkan tumisan ke dalam air yang sedang mendidih
  3. Masukkan wortel dan buncis, tambah merica, garam, dan gula pasir (kalau suka).
  4. setelah mendidih lagi, masukkan telur sesendok demi sesendok
  5. kecilkan api, masak hingga bumbu meresap selama 5 menit
  6. hidangkan panas
  7. Senyum yang banyak, makanan sudah siap disantap, rasanya enaaakkkk, segerr..😀

jadi ceritanya, sabtu ini saya dedikasikan diri untuk ‘berani’ megang seafood. Mari kita mulai dari udang. Mungkin bagi kebanyakan wanita 22tahunan adalah hal yang biasa dengan udang, tapi tidak dengan saya. Kemarin, adalah kali pertamanya saya memegang udang secara langsung, dari awal beli di pasar, pilih-pilih udangnya, nyuci udang, potong kepalanya, ngupas kulitnya. Huee.. bau amisnya minta ampun, haha. Berbung saya lumayan ‘jijikan’ jadilah proses itu berlangsung dengan sangaaat lama, plus diliatin kucing tetangga. Alhamdulillah berhasil. (dengan catatan, saya harus gugling dulu pake keyword “tips membersihkan udang”)😀

Eh itu, kenapa Jamurnya di kurung, (maunya sih di coret gt) ? Karna ‘resep sebenarnya’ mestinya pake jamur, tapi karna saya mendahulukan mencuci ketimbang ke pasar, jadilah baru bisa ke pasar jam 10 pagi, Wassalam.. tinggal dapat yang sisa-sisa, gak dapet jamur pun.. (jangan di contoh)

Kalau ada yang tanya, berapa lama prosesnya? 3 jam!! Seriusan.. mulai di dapur jam setengah 11, selesai semuanya * baru jam setengah 2!!

*) Hehe..gak deng, masaknya gak sampe 30 menit, tapi bersihin dapur + beberes kamar  yang lama. Gak tega liat dapur yang amit-amit kotornya. Akhirnya seluruh perkasas saya cuci😀

Sampai jumpa, selamat (belajar)  masak :D

2 thoughts on “Sup Telur (Jamur) Worcis Udang Segar

  1. bersihin udang, pegang kepala udangnya trus pegang kulit kepala udagn yang ujungnya runcing itu,…pisahin deh breaaak !!! abis itu pijit buntutnya trus tarik…lepas deh baru ambil kaki-kakinya trus kelupas kulit seluruhnya *itu kalo mau dikupas semuanya lho ya* naaaaaah ngebuang kulit nya ini biar tidak menimbulkan bau menyengat kulit sisan tadi direbus dulu lah diair mendidih dipanci kecil aja, insyaAlloh ketika kita masukan ke tempat sampah tidak bau busuk deh…baru dibuang keluar rumah ..alias ke tukang sampah😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s