CDC #18 : Oleh-Oleh dari Jepang, Halal Gak?

Independence Day Grills.png
Oleh-oleh dari Jepang, halal gak?

Sejak kami tinggal di Jepang, sering banget nih ditanya soal status halal haram suatu produk. Biasanya dijapri teman-teman via WA yang baru dapat omiyage (oleh-oleh) dari Jepang. Gak jauh-jauh dari coklat, snack-snack gitu, atau bumbu kare. Eh ada lagi misal kayak kukis kekinian di Jepang, sebut saja Tokyo Banana, terus milk cheese apaaa gitu.

Kalau snacknya yang familiar, biasanya saya langsung jawab. Tapi kalau gak familiar saya akan minta yang japri untuk menjepret bagian belakang kemasan makanan tersebut yang biasa ada ingredients nya. Emang sudah bisa baca kanji Cha? Ya beloooom 😀 tapi semakin kesini semakin jeli matanya untuk melihat kata-kata yang mencurigakan buat muslim.

Nah beberapa catatan akan saya highlight ya.. bismillah, semoga benar, dan kalau ada yang keliru, mohon dibenarkan yaaa..

1. 乳化材 (Nyuukazai)

Nah kanji ini nih yang paliiiing sering muncul di snack oleh-oleh dari Jepang. Tolong di skinsuuuut ya gaes :p . Dibaca Nyuukazai yang artinya emulsifier alias zat pengemulsi. Ini hampir pasti ada di setiap camilan dari Jepang entah itu coklat, biskuit, kopi, bahkan permen. Kalau KAMI, makanan yang mengandung si Nyuukazai itu gak kami makan, karena KEMUNGKINAN BESAR berasal dari babi (atau animal based lainnya yang jatuhnya tetap haram). KECUALI, setelah tulisan 乳化材, ada tambahan seperti ini :

大豆由来 (dibaca : daizu yurai) yang artinya berasal dari SOYBEAN,

atau diikuti kanji ini :

植物由来 yang artinya berasal dari tumbuhan.

Dan, FYI nih produsen di Jepang itu fair banget kok.. kalau emang dari tumbuhan dia akan mencantumkan info soal tumbuhan itu, tapi kalau enggak ya berarti animal based. Jadi kalau dikemasan bagian ingredients udah nemu kanji 乳化材 udah ya dadah babay gak bisa dimakan 😀

2. MENGANDUNG DAGING (AYAM, SAPI, BABI,dll)

Loh kok segala ayam dan sapi juga gak halal Cha? Ya mohon maap ini bukan negara ahli kitab. Cara sembelih ala Jepang itu yang bikin ayam dan sapi ikutan gak bisa dimakan selayaknya daging babi. Makanya KEZEL banget karena SERING lihat di instagram jastip-jastip jepang gitu (dan akun IG lainnya) yang suka SOTOY merekomendasikan makanan di Jepang buat MUSLIM. Haduuuuh parah banget pokoknya. Nanti kita bahasa ya, sekarang mari cek ricek dulu kanji (dan katakana) buat perdagingan :

(dibaca buta) : pork

(dibaca tori) : chicken

(dibaca niku) : meat

ラード (dibaca raado) : lard Continue reading “CDC #18 : Oleh-Oleh dari Jepang, Halal Gak?”

Advertisements

Menghadirkan Ramadhan di Jepang

IMG_20190606_065626_486

Alhamdulillah masyaallah, Allah kasih kesempatan lagi buat Ramadhan dan Lebaran di tanah rantau. Rasanya lebih berat dari segi cuaca yang lagi panas-panasnya, plus waktu subuh yang setengah 3, sedangkan berbuka hampir jam 7, Subhanallah.

Tapi, karena nuansa Ramadhan beneran minim banget di Jepang, jadi rasanya tuh justru kuat di dalam hati. Menghadirkan Ramadhan benar-benar dari hati itu masyaallah rasanya. Beda banget sama yang di Indonesia tahun-tahun sebelumnya dimana sudah disuguhi iklan sirup dan sarung sejak sebulan sebelum Ramadhan.

Di Jepang, kita yang harus mengais-ngais keberadaan Ramadhan itu sendiri. Apalagi buat anak-anak. Beneran iman dan ilmu agama harus berawal dari dalam rumah. Beberapa hal yang saya lakukan untuk mengahdirkan feel Ramadhan ke anak-anak :

1. Membuat hiasan “welcome Ramadhan” yang digantung di depan pintu rumah kami. Setiap hari dilewati dan dilihat sama anak-anak, bikin mereka sadar kalau ini bukan bulan biasa. Tapi bulan yang disambut. Foto menyusul ya insyaallah, wifi di rumah lagi bermasalah, hiks

2. Menyiapkan kado-kado kecil untuk anak hampir setiap harinya. Diberikan kalau mereka berhasil ‘puasa’ dari pulang sekolah sampai waktu maghrib. Amaya sih yang happy banget-banget. Acha mah masih so so aja 😆 Kadonya gak perlu mahal. Dan sebagi emak hemat, saya memberikan kado yang bisa dipakai atau yang memang dibutuhkan 🤭🤭🤭 seperti gunting, tumbler, atau coklat-coklat kecil dalam kemasan.

3. Mengajak mereka buat buka bersama pada acara kumpul muslim se-Chiba. Acaranya meriaaaah banget masyaallah. Makanannya super lezat seriusan. Dengar-dengar yang mensponsori acara ini dari salah satu kedutaan di Jepang, NAHA (semacam MUI nya di Chiba) dan CCIC (ini apa ya kalau di Indonesia, islamic centre gitu lah). Semua makanannya enak masyaallah 😋

4. Beberapa kali kali mengajak ikut sahur. Yang ini gak bisa tiap hari karena waktu sahur terlalu malam, sedangkan mereka jam 8 harus siap-siap sekolah. Jadi dilakukan kalau pas besoknya gak sekolah sih. Mereka tug beneran merasa ‘puasa’ kalau ikutan sahur sama kami ortunya, rasanya tuh bangga banget sampai diomongin terus kalau mereka sahur 😅

Apalagi ya… Atau ada yang mau sharing apa aja yang bisa dilakukan untuk mengadirkan Ramadhan? Biar bisa jadi kisi-kisi tahun depan kalau masih ada umur, insyaallah masih akan menjalani Ramadhan di tanah rantau 😊

 

CDC #17 :Suka-Suka Jastip Jepang

jastip jepang (3).png

Yihaaaa, sebelum di kick dari group 1M1C sebaiknya saya setor tulisan di blog yang mulai bersalju ini sih 😀

Agak-agak bingung mau cerita soal Jastip, soal Mudik ke Indonesia, atau soal Acha yang sudah mulai sekolah bulan April ini? Akhirnya diputuskan ngomongin jastip dulu deh.

Jadiiii, awalnya sama sekali gak ada rencana pulang kampung. Jujur aja gak ada uwang, hahaha. Maksudnya gak ada uwang buat mengcover soal perjalanan mudik. Lah waktu itu baru banget bayar buat sekolah Acha yang uang masuk + perintilannya hampir setengah uang beasiswa sebulan 😀

Tapi karena bapaknya suami sakit, yodahlah di-ada-ada-in itu uang. Niatnya birrul walidain aja. Lalu gak lama ada kodomo teate, alhamdulillah.. bisa buat beli tiket berangkatnya dulu. Tentu sajah pake pesawat paling muraaaah, yang sering dikomenenin tapi juga sering jadi pilihan pertama buat kami-kami kaum zero income, wkwkwk. Sebut saja Air Asia.

amaaca

Tapi galau belum selesai, tiket balik Jepang lagi belum ditangan. Seiring dengan beredarnya info kami mau mudik (duh, cem artis aja kau cha), semakin banyak pertanyaan “gak buka jastip mbak cha?” atau ada yang sudah to the point mau titip ini dan itu. Waduh, kalau banyak yang titip dan kami klaim gak buka jastip, kok rasanya berat di ongkos ya itu bawa oleh-oleh. Akhirnya diseriusin aja buat buka jastip.

Alhamdulillah lancaaar, walau ada satu dua tiga empat lima yang agak-agak ribet wkwkkw.

Rempong gak cha? PASTI dan BANGET. Hahaha.. hampir tiap weekend saya belanja. Awal-awal masih belanja sama anak dan suami. Tapi malah jadi ribet dan gak fokus. Akhirnya minta waktu sama suami buat belanja sendiri. Yang manaaah, dia sampai komen : ini kok gak selesai-selesai belanjanya? Hahaha

Oke, pertama soal AKAD ya. Karena saya belum pernah ikutan jastip apapun sebelumnya, jadi sebenarnya masih blank banget tentang jastip ini. Diwanti-wanti sama beberapa teman untuk concern soal akad. Karena bila salah dan semaunya, bisa jadi riba. Akhinya sebelum iklan jastip, saya banyak baca-baca dulu lah soal akad ini, dan nonton beberapa kajian Ustadz Erwandi di youtube. Intinya saya pakai akad : Wakalah bil ujrah, dimana teman-teman harus bayar penuh dulu. Gak boleh saya talangin dulu ya. Silahkan baca-baca lebih lanjut sendiri soal akad Wakalah bil ujrah ini.

Repotnya, karena yang order itu gak bayar barengan. Jadi saya mesti bolak-balik belanjanya untuk item yang sejenis. Belum lagi yang digantung statusnya. Saya paling males ngingetin buat transfer, kesannya maksa banget. Tapi khawatir juga orangnya lupa buat transfer. Jadi saya kadang bingung, nih orang mau cancle ikutan jastip kah? atau mau transfer tapi belum ada waktu kah? Atau gimanaaah, karena gak ada kabarnya, wkwkwk kena juga PHP gue. Tapi gak banyak kok yang macam ini. Satu dua tiga empat lima aja.

Walau harus bolak balik belanja, tapi alhamdulillah saya memang hanya buka jastip barang yang bisa saya dapat di dekat rumah saja. Bisa naik sepeda atau naik bus gratis setiap hari. Kecuali beberapa barang aja yang harus naik kereta belinya, kayak massage oil yang belinya harus ke LaLa Port. Mau males kesana, tapi itu barang yang lariiiis banget, banyak peminatnya. Alhamdulillah..

Hoya, di atas saya tulis Suka-suka Jastip, karena emang dukanya sedikit aja sih. Dan gak sebanding sama happy nya. Apa aja Happy nya bun?

Bisa bantu teman-teman yang lagi cari sesuatu. Tsaaaah mulia banget kan tujuannya? Hahaha, tapi seriusan loh ini mah. Tujuan awalanya selain cari cuan, juga buat bantu teman aja dapet barang yang dibutuhkan.

Bisa menyalurkan hasrat belanja. Iyessss, sebenernya saya suka belanja. Pilah-pilih barang, masukin trolley, bayar di kasir. Bahagia aja. Tapi semenjak di Jepang, palingan belanja di supermarket aja jadinnya, wkwkwk. Karena jujur aja hasrat buat beli macam sepatu baju tas dan perintilan lainnya berkurang drastis selama disini. Bukannya gak punya uang Karena emang rumahnya kecil, dan buang barang juga ribet dan berbayar di Jepang, jadi males weh bebelanjaan.

Yang ini mungkin agak sedikit jahat, hahaha maapkan ya. Tapi selama tinggal di Jepang tuh saya gateeeel banget kalau ke Daiso atau 100 yen shop lainnya. Bawaannya pengen belanja macam-macam karena barang-barangnya lucu-lucu banget. Dan tentu sajah murah mursidah. Pas saya upload barang-barang Daiso di IG, seneng aja ternyata emak-emak di Indonesia merasakan apa yang saya rasakan. Galau pengen beli macam-macam barang yang lucu itu. Hahahaha.. Akhirnya terbukti sih, barang daiso yang di order sekitar 200an item, wkwkwk racun banget kaaan..

Dan yang terakhir, dan paling utama tentu saja dapet untung alias duit alis cuan, hihi. Tapi Allah tuh ya beneran sesuai prasangka hambanya deh. Diawal saya niatkan buka jastip ini buat beli tiket pesawat Jakarta-Tokyo. Dan masyaallah, setelah kita hitung-hitung KEUNTUNGANNYA PAS seharga TIKET pesawatnya dooong. Masyaallah, alhammdulillah. Tiket pesawat berempat pun ditangan. Perlu digarisbawahi ya, tiketnya Air Asia, bukan Garuda Indonesia apalagi JAL atau ANA, wkwkwk. Mungkin besok-besok niat buka jastip buat #panjichakeMekah2020 kali ya? Biar semesta mendukung gitu 😀

Hoya, soal harga Jastip ya. Banyak teman-teman di LN yang DM nanya berapa rate jastip saya. Saya kasih tau, tapi saya bilang juga jangan dijadikan referensi, Karena banyak yang bilang kemurahan. Hahaha.. Tau gak, ada loh beberapa teman yang bayar lebih dari harga yang saya kasih. Karena ngerasa kemurahan. Ada juga yang barangnya gak ada 1 barang gitu, gak mau saya refund uangnya, karena katanya barang yang dia beli di saya udah murah banget kok. Adalagi yang sampai nanyain biaya packing, karena saya gratisin, padalah saya packing pakai buble wrap segala. Masyaallah, teman-temankuuuu baik banget alhamdulillah.

WhatsApp Image 2019-04-28 at 11.15.51 AM (1)
satu dari banyaaaak testimoni tsururi yang best seller di jastip kemarin, kemurahan jual 135 keknya, wkwkwk

WhatsApp Image 2019-04-28 at 11.15.51 AM

Balik lagi soal menentukan harga, saya gak pakai rumus-rumusan. Tapi selalu saya bertanya sama diri sendiri : kalau kamu mau gak beli barang ini seharga segini? Kalau diri sendiri jawab gak mau ya gak akan saya jual dengan harga segitu. Dan mungkin karena saya masih level menengah, jadilah harga-harganya ya segitu ajaaa..wkwkwk. Terus beberapa kali liat jastip lain, jual dengan harga bahkan 2x lipatnya. WOW.. tapi semua sudah ada rezeki masing-masing sih yaa.. selow aja sist..

Plus, pasar saya juga hanya teman-teman dekat saja. Beberapa kenalan di Facebook yang jumlahnya gak terlalu banyak dan bisa saya percaya. Males saya kalau kedepannya ada apa-apa ribet, hihihi..

Nah soal custom nih, saya berusaha menaati peraturan yang berlaku sih, eaaaa. FYI, selain mencari tau tentang akad jastip yang syar’i saya juga baca tuntas Peraturan Menteri Keuangan (PMK) 203 tahun 2017 tentang Ekspor Impor barang bawaan penumpang. Bahkan saya print loh itu PMK yang mayan tebel, plus saya tandai pasal-pasal yang berkaitan dengan barang bawaan penumpang, #terniat2019 banget kan? Hahaha..

Intinya setiap penumpang itu maksimal bawa barang nya total senilai 7 juta rupiah (kurs 14000 ya). Tapi ada yang bikin bertanya-tanya sih, karena isi PMK hanya mention jumlah harganya senilai 500 usd itu, tapi gak mention berapa banyak barang bawaannya (kecuali baju yang jumlahnya 10 dan 2 barang elektronik). Disebutkan dalam batasan wajar. Nah wajar ini kan subjektif banget. Tergatung melihat dari sisi apa dan siapa? Gitu..

Terus kalau lebih dari 500 usd gimana cha? Atas kelebihan nilai barang, akan dikenakan BM dan PDRI dengan rincian: BM: 10% (Flat), PPN: 10%, PPh: 7,5% (jika punya NPWP) dan 15% (jika tidak punya NPWP). Baca-baca aja di Page Bea Cukai di FB, cukup informatif kok.

Terus, satu lagi yang ganjel nih belum saya confirm ke teman yang di BC atau PKPN BKF #eaaaa. Di PMK tertulis tiap penumpang itu 500 usd kan, nah di PMK itu juga tertulis definisi penumpang itu apa. Intinya anak-anak juga masuk dalam definisi penumpang. Nah tapi pas di custom declaration, tertulis kalau yang 500 usd itu buat anak minimal 18 tahun, cmiiw *ini Pak suami sih yang ngisi data di custom declaration. Lain-lainnya bisa dibaca di laman kemenkeu yang ini.

Duh jadi serius banget postingannya, wkwkwk. Balik lagi ke suka-suka Jastip. Barang apa aja yang kemarin saya jastipin? Kebanyakan barang daiso yang kelihatannya receh banget cuannya 11 ribu aja, tapi dikali ratusan ya lumayan juga jumlahnya, hihi. Terus skinker pastinya. Soal skinker ini lebih banyak pesanan sih, lebih tau mereka daripada saya tentusaja. Saya jual dengan harga yang lumayan murah ketimbang di tokped atau shopee, bisa beda 30-100 ribulah kalau cek-cek toko sebelah. Terus, coklat-coklat gitu juga. Tapi ternyata rada ribet nih soal coklat. Karena pas dari Bandara ke Serang, coklatnya meleleh dooong karena panas. Akhirnya mesti masuk-masukin ke kulkas dulu.

Teruuus, banyak DM yang masuk nanyain open jastip lagi gak cha? Yakaliiii oi, gue mudik sebulan sekali, horangkayaaah, hahahaha. Tapi ini lagi dipikirkan, bagaimana teteup open jastip tanpa saya mudik. Semoga ada solusi terbaique ya buat semuaa.

Terima kasih buat teman-teman yang sudah ikutan jastip kemarin, tanpamu tiket balik Jepang kami masihlah sebatas harapan, hihi. Mohon maaf jika ada kekurangan disana-sini yaaa.. nanti ikutan lagi ya kalau gue open jastip lagi :p Sekarang follow dulu akun instagram @jastipjepangjakarta biar bisa update soal jastip yang akan datang *belumtaukapansih, wkwkwk.. aligacoooo..

jastip

 

See yaaa

 

CDC #16 : Lebih Enak Tinggal di Indonesia atau Jepang?

Untitled design (3).png
CDC #16 : Lebih Enak Tinggal di Indonesia atau Jepang?

Suatu saat pernah Pak Suami tanya ke saya :

“Gimana Bun, enakan tinggal di Jepang atau di Indonesia?”

Maunya saya ngegombal aja bilang dimana aja asal bareng situuuu. Eh tapi pertanyaan dilontarkan dengan nada serius, jadi saya jawab dengan serius juga saat itu.

Indikator dari “enak-an mana” itu pasti banyak banget ya. Dan nanti saya dijulid-in lagi kalau bilang lebih enak tinggal di Jepang. Dibilang kena norak’s syndrome orang-orang yang baru ngerasain tinggal di Luar Negeri. Hihihi gak yaa…

Ini teh sangat subjektif banget. Pertanyaan suami juga bisa disamakan dengan pertanyaan : enak jadi ibu rumah tangga yang kerja di luar rumah, atau ibu rumah tangga full domestik? #eaaa ngambil bahasanya IIP banget, ibu domestik 😀

Keduanya punya kelebihan dan kekurangan (buat saya pribadi). Tinggal di Jakarta itu enak banget buat yang tipikal males repot kayak saya : males masak tinggal go-food atau beli di warteg yang rasanya jaman sekarang udah enak banget kok.. Males bersihin rumah tinggal, bisa pakai jasa asisten rumah tangga, atau yang praktis ada go-clean juga. Dan harganya gak mahal-mahal banget. Capek lima hari bekerja, banyak mbak pijet yang bisa dipanggil ke rumah kapan aja. Tapi ya ituuu.. ketemu anak cuman sebelum berangkat kerja, dan setelah pulang kantor yang manaaah sudah lelah menembus kemacetan dan polusi jakarta yang kezam banget itu. Dulu pernah bilang : capek ku hilang setelah melihat senyuman anak. Capek pikiran iya hilang, tapi seiring bertambahnya usia, capek fisik itu suatu keniscayaan, wkwkwk.

Jadi emang bener sih, ketemua anak sudah capek. Tapiiii.. dengan sedikitnya waktu berinteraksi sama anak, saya merasa dulu sebisa mungkin untuk gak ngomel-ngomel sama anak. Berusaha semanis mungkin sama anak. Haduuuh, masa udah sebentar doang ketemunya, masih juga ngasih moment yang gak ngenakin sama anak sih.

Tinggal di Jakarta, artinya tetap bekerja, artinya tetap dekat dengan keluarga. Artinya apa? banyaaak orang yang ‘terlalu care’ sama saya. Belum punya rumah diomongin, bawa anak ke kantor diomongin, perut suami buncit diomongin, kondangan pake sepatu kets pun diomongin. HAHAHAHA. you name itu deh apaan. Intinya, pasti pada bisa nangkep sendiri kan? :p

Tapi jujur aja, jadi wanita bekerja itu ada enaknya juga. Apalagi awal bulan, hihi. Punya penghasilan sendiri itu enak (menurut saya). Ngerasa gak harus membebani suami (padahal ternyata suami jadi bangga kalau dibebani istrinya), ngerasa bisa bantu keluarga di kampung dengan penghasilan sendiri. Itu bikin happy. Belum lagi sesi makan siang sama teman-teman kantor. Ini juga bisa menambah kebahagiaan. Tapi.. kebahagiaan itu sebanding gak dengan rasa was-was pikiran anak-anak lagi ngapain ya? jajan sembarangan gak ya? masih digendong-gendong gak ya makannya? ikutan nonton sinetron atau gosip gak ya sama yang nemenin? NAH, itu jawabannya masing-masing aja.. Continue reading “CDC #16 : Lebih Enak Tinggal di Indonesia atau Jepang?”

NHW #2 Bunda Sayang : Time Management

To be honest pada zaman dahulu kala saya pernah bikin semacam ini, dan hasilnya hanya dua tiga hari saja berjalan #tutupmuka. Karena mungkin anak kedua juga belum sekolah, jadi random aja kegiatan saat kakaknya di sekolah. Kadang bisa seharian di rumah, kadang bisa 2-3 jam main di indoor playground di mall. Random banget makanya.

Plus, untuk menu juga. Sejujurnya, sering banget menu makan malam yang masih ada, itu saya olah buat sarapan hari esoknya, hahaha gak mau rugi pokoknya. Daaan, menu-menu masak harian itu kadang bukan tergantung rencana, tapi tergantung apa yang lagi murah di supermarket, hihihi.

Daaan, karena bulan depan Achamarkaca insyaallah sudah sekolah, juga karena izin buat baito (kerja part-time) tak kunjung turun dari yang mulia Pak Panji. jadi saya izin sama suami untuk rutin 2-3 kali dalam sepekan untuk bebersih masjid. Malu sama umur, kok kayaknya kurang bermanfaat banget buat ummat #tsaaaah.

daily planner

weekly menu

CDC #15 : Kullu Nafsin Dzaa Iqatul Maut

Kullu Nafsin Dzaa Iqatul Maut

kullu nafsin dzaa iqatul maut

Hari Jumat kemarin tiba-tiba dapat kabar yang bikin saya kayak ngefreez beberapa detik, dan langsung nangis setelahnya. Acha sampai bingung kenapa ini emaknya tiba-tiba nangis. Ya gimana gak nangis, dapat kabar ada orang kantor yang superrrrr baik kecelakaan di lokasi yang sejengkal lagi sampai depan kantor. Langsung meninggal di tempat. Aduh, nyesss banget pas tau kalau korban itu seseorang yang saya kenal. Mas W namanya. Dulu senior saya di kampus plat merah Jurangmagu. Walau senior, tapi saya dan beliau lahir di tahun yang sama. Iyes, kepinteran kayaknya beliau mah. Baru kenal beliau saat masuk kantor di tahun yang sama. Beberapa kali bekerja bareng, saya mengenal sosok Mas W yang super baik, ramah, murah senyum, dewasa, kalau mengkritik tepat sasaran dan sama sekali tidak menyakiti (sering banget dikritik soalnya dulu), dan dekat sama alquran juga masjid.

10 Tahun yang lalu, saat saya masih suka jalan-jalan, pecicilan gak jelas, tiba-tiba dapat kabar Mas W mau nikah. Kaget banget, untuk ukuran laki-laki, usia 20 tahun memutuskan untuk menikah itu agak gak umum kan ya. Rasanya dulu saya dan beberapa teman malah ngebully mas W dengan bullian yang gak banget “kebelet nikah”. Aduh padahal kan memang kebaikan itu gak boleh ditunda-tunda ya, termasuk menikah. Tapi, pas tau calon istrinya itu hafidzoh, langsung deh gak berani lagi ngeledek-ledekin. Jiperrrr… Semoga Mas W gak dendam sama bocah perempuan yang pecicilan banget ini (dulu).

Setelah beliau menikah, dan kerjaan kami yang dalam satu tim sudah selesai. Saya putus kontak. Ya ngapain juga kontak-kontakan kalau gak ada perlunya. Hanya kalau papasan di lingkungan kantor ya menyapa sopan aja. Gak berlebihan. Tapi saya tau kiprahnya di masjid kantor terus ada, sampai akhir hidupnya. Masyaallah. Kalau ada kata yang cocok dilabeli ke Mas W ini ada dua : al-quran dan masjid.

Kepergian Mas W yang bikin iri juga adalah beliau meninggal disaat perjalanan mencari nafkah halal untuk keluarganya, di hari jumat pula..

“Tidaklah seorang muslim meninggal dunia di hari Jum’at atau pada malam Jum’at kecuali Allah akan menjaganya dari fitnah kubur.” (HR. Ahmad dan Tirmidzi)

jenazah Mas W disholatkan di masjid kantor setelah jamaah sholat jumat, kebayang kan betapa banyaknya yang menyolatkan? Masyaallah.. ditambah, hari yang tadinya cerah, saat Mas W disholatkan, mendadak turun hujan, sejuk seketika..

Rasanya iriiiii banget, begitu kemarin mas W meninggal. Hampir SEMUA group WA kantor beramai-ramai bersaksi kalau Mas W ini orang baik. SEMUA SEDIH (bahkan hari ini pun, saat saya membaca postingan teman tentang Mas W di media sosial, masih autonangis). Semua mengatakan kekaguman sosok Mas W yang begitu intim dengan alquran dan masjid. Aduh, pengen banget kayak gitu rasanya. Sekaligus takut, kalau nanti saya meninggal apa yang akan dilabeli teman-teman? Jangan-jangan : oh itu Icha yang rajin posting di instastory? 😦 Jangan sampai ya Allah..

Meninggalnya Mas W juga kembali mengingatkan saya kalau mati itu gak pandang usia. Gak boleh terlena sama usia, apalagi dunia. Lucu rasanya kalau masih ngejar-ngejar dunia, padahal dunia itu hanya sebatas ‘hukuman’ untuk Nabi Adam. Hari Jumat siang itu saya memutuskan untuk menonton youtube kajian Ustadz Adi Hidayat tentang kematian untuk merecharge diri sendiri. Ada satu kalimat yang jleb banget : Kita semua sadar kalau suatu hari akan meninggal kan? terus kenapa masih aja santai aja sih beribadah? masih aja nyaman melakukan maksiat berulang-ulang? Beraninya kebangetan. Udah deh, taubat.. terus lakukan amal ibadah apa yang bisa dilakukan. Ibadah wajibnya dirapihin, ibadah sunnahnya dikerjain pelan-pelan buat nambal ibadah yang belum sempurna.

Semoga kelak saat kita pergi dari dunia ini, apa-apa yang baik saja yang melekat dalam kenangan kerabat kita.. Semoga Allah masih memberikan nikmat iman islam ini sampai akhir hayat, Aamiin..

Cerita dari Chiba #14 : Sekolah TK di Jepang Part 2 (Bahasa, Teman, dan Ibu-Ibu)

sekolah tk (youchien) di jepang(1)

 

Part 1 ada di sini : Part 1

“Mama, Amaya no nihongo wa….Jouzu” Kata Sensei nya Amaya sekitar November tahun lalu, diucapkan dengan nada bangga sekaligus ceria. Lalu berualang kali menyebutkan kata “Sugoii”. Walau saya belum lancar bahasa Jepang, tapi ngerti kata Jouzu artinya skillfull. Alhamdulillah.. kabar bahagia banget Amaya baru mulai sekolah bulan Oktober, bulan November dikasih semangat seperti itu.

Padahal soal beda bahasa ini lumayan jadi concern saya sama suami. Aduh gimana nanti.. gimana kalau gak ngerti-ngerti.. dan ngerembet kemana-mana pikiran. Gimana kalau senseinya give up buat komunikasi sama Amaya. Gimana kalau temen-temennya sebel karena punya temen baru yang gak ngerti omongan mereka. Pokoknya was-was banget bawaannya. Padahal was-was mah gak bagus ya, perbanyak doa aja yang pasti. Daaaan, semua gimana-gimana itu alahamdulillah gak terjadi . Masyaallah..

Anak-anak Jepang itu rata-rata setipe sih, ramah walau sama orang asing. Hampir tiap sore saat saya jemput Amachan pulang sekolah, adaaa aja satu dua anak yang ngajak saya ngobrol sambil nunjukin sesuatu, batu, origami, biji-bijian, atau apaaa aja, terus mereka ngomong yang panjaaang banget, yang manah sayah belum ngerti betul, wkwkwk. Tapi yang penting ekspresi kita menunjukkan kalau kita tertarik sama cerita mereka. Ada juga yang suka tiba-tiba lari ke arah saya, dan meluk-meluk gitu. Hahaha lucu dah. Bahkaaan, pernah saya pakai gamis umbrella yang emang motifnya kurang emak-emak alias lucu gitu lah, terus temennya A chan minta saya muter-muter, katanya kayak elsa Frozen, Kirei (cantik) katanya bhahahha.

ays
Y chan – S chan – A chan lagi atraksi muter-muter di tiang

Dari sekitar 15 anak di kelas Amachan, kalau saya perhatiin ada 2 anak perempuan yang lumayan akrab sama doi.  Y chan dan S chan, salah satunya adalah ketua kelas bagian perempuan. Dari hari pertama Amachan masuk sekolah itu Y chan itu superrr ramah, baik hati banget. Padahal Amachan tipikal yang seringnya cuek, apalagi ini sama sekali gak ngerti bahasanya. Tapi temannya sabar aja teteup ngomong dan ngajak main, alhamdulillah. Pernah saya intip, saat lagi siap-siap keluar kelas mau olahraga, Y chan ini pakai acara benerin sepatu Amachan yang kebalik, benerin topi Amachan yang miring. Perhatian bangettt anaknya, Masyaallah. Kalau pas kami jemput pulang sekolah juga, dia suka ngajak main Acha. Alhamdulillah. Sebenernya kepo sama Ibunya, gimana ceritanya bisa punya anak kayak Y chan. Tapi sayang, belum pernah ngobrol sama Ibunya.. haha

Topik selanjutnya soal Ibu-ibunya. Hahaha.. TBH, saya gak gaul sama ibu-ibu nihonjin (orang Jepang asli). Pas Amachan masuk sekolah, saya sudah menyadari ibu-ibu terbagi menjadi dua gank, wkwkkw. Kalau kata mbak-mbak yang anaknya sudah TK duluan, ibu-ibu itu ngegenk berdasarkan tempat tinggalnya. Ada genk mansion (semacam apartemen elite) dan genk Danchi (apartemen gak elite), hahaha gak di Indo, gak di Jepang sama aja kayaknya ya. Saya malah bisa ngobrol sama Ibu-ibu yang orang Filipina (suaminya orang Jepang) karena Bahasa Inggrisnya jago. Ibu-ibu yang lain, malu-malu gimanaaa gitu kalau ngomong Bahasa Inggris teh. Jadi yaudahlah yaaa.. Gak usah baper, wkwkwk.. Continue reading “Cerita dari Chiba #14 : Sekolah TK di Jepang Part 2 (Bahasa, Teman, dan Ibu-Ibu)”